Cara Ampuh Memperbaiki Sistem Android Lambat/Lemot/Lag

Cara Ampuh Memperbaiki Sistem Android Lambat/Lemot/Lag
Image from : www.mobilegeeks.com
Cara Ampuh Memperbaiki Sistem Android Lambat/Lemot/Lag - Akan merasa jengkel apabila android mengalami lemot saat dijalankan, padahal tidak sedang membuka atau memainkan aplikasi yang berat. Bila di telaah mungkin banyak sekali faktor yang membuat android/smartphone sehingga membuat gadget tidak bekerja secara maksimal (lambat).

Pada dasarnya sistem pada android sama seperti pada komputer dimana sering juga mendapati program dalam keadaan lag, yang mana Lag sering kita artikan sebuah aplikasi mengalami bentrokan antara aplikasi yang digunakan terlalu banyak dan aplikasi tersebut memakan terlalu banyak memory (RAM/ROM) dan mengakibatkan android tidak sanggup untuk menjalankan suatu program atau aplikasi terlalu banyak.

Baca juga : Tutorial : Cara Mudah Membuka Cassing/Tutup Belakang Pada Iphone

Kelambatan android sering kita jumpai pada saat bermain game, solusi yang akurat pastikan terlebih dahulu spsifikasi game tersebut, apakah gadget/android anda sanggup memainkan game tersebut ? apabila tidak jangan dipaksakan, karena dapat membuat andoid lambat dan cepat panas.

Ada berbagai cara ampuh untuk mengatasi android lambat dan pada artikel ini carakreatif.com akan berbagi tutorial yang paling mudah untuk dilakukan dan tidak membingungkan bagi orang newbie seperti admin.

Tehnik nya yaitu :

1. UPDATE VERSI ANDROID
Hal ini juga sering jadi boang kerok android anda lemot, solusinya usahakan android selalu diupdate ke versi yang terbaru, memang pada saat mengupdate membutuhkan kapasitas yang cukup besar, bila anda menggunakan paket kuota, disarankan update ketika menggunakan wi-fi, karena update bisa mencapai 500mb-1gb tergantung versi android masing-masing.

2. Menghapus / uninstall aplikasi yang tidak terpakai
Kembali ke pembahasan awal tadi, jika sebuah aplikasi berbarengan berjalan maka terkadang sistem android akan mengalami lag, jadi solusinya hapus saja aplikasi yang menurut anda tidak terpakai, karena sebagian aplikasi tanpa anda sadari berjalan dan update dengan sendirinya. Baca juga : Cara Mudah Mengatasi Aplikasi BBM Pending Pada Android

Membuka aplikasi secara bersamaan tanpa menutup aplikasi yang sebelumnya akan berdampak buruk pada kecepatan android sobat. Multi-tasking memang memudahkan kita untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain tapi akan membuat kinerja android sobat semakin lemot. Jadi lebih baik tutup aplikasi yang sobat buka sebelumnya. setelah itu barulah jalankan aplikasi lainya.

Cara Menghapus Aplikasi Android dari Menu Setting Smartphone/Tablet

1. Masuk ke Menu Setting dengan Klik [Setting]
2. Klik [Application Manager]
3. Pilih dan Klik Aplikasi Android yang akan dihapus

4. Klik [Uninstall]
6. Akan muncul pesan "Application will uninstalled"
7. Klik [OK]
8. Tunggu sebentar untuk proses penghapusan (Uninstalling......)
9. Setelah selesai, akan muncul tulisan "uninstalled"
10. Klik [OK]
Aplikasi Android anda telah terhapus permanen dari Gadget Android anda.

3. Masalah Pada ROM ( Read Only Memory) RAM ( Random Access Memory )
Gantilah ROM atau Downgrade smartphone android anda jika merasa ROM yang anda gunakan terlalu berat dan lemot. Pakailah ROM yang cocok dan stabil untuk ponsel anda, begitu juga dengan RAM.

4. Memori Internal Sudah Penuh
Solusi: rajin-rajinlah membersihkan cache setelah membuka browser, bermain game, membuka aplikasi, dan sebagainya, karena cache yang menumpuk dapat membenani memori internal dan bisa membuat ponsel jadi lemot.

5. Gunakan Memori External Sebagai penyimpanan aplikasi berkapasitas besar.
Tidak selamanya anda menggunakan memori internal sebagai penyimpanan aplikasi, sebaiknya manfaatkan juga memori external sebagai penyimpan data yang besar, seperti ketika mendownload game arahkan penyimpanan di external.

6. Restart Android
Apabila anda sudah melakukan beberapa Cara Ampuh Memperbaiki Sistem Android Lambat/Lemot/Lag diatas, sebaiknya restart kembali android anda, agar lebih fresh dan ringan ketika dijalankan kembali.

Dari cara diatas sengaja saya tidak memakai cara dengan software atau aplikasi, karena kebanyakan aplikasi yang katanya solusi mengatasi lemot, tidak sepenuhnya benar, malahan dapat memperlemot smartphone anda. Salam.